Kepala Dinsos Kaltara — Sugiono. RADAR KALTARA

PROKAL.COTANJUNG SELOR – Dinas Sosial (Dinsos) Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) memberikan perhatian khusus terhadap anak. Ini dilakukan agar kesejahteraan anak sebagai generasi penerus bangsa terjamin.

Kepala Dinsos Kaltara, Sugiono menyampaikan, perhatian melalui dinsos baik tingkat provinsi hingga kabupaten kota terus dilakukan. Mulai dari persoalan sosial terhadap anak, anak yang terlantar, anak jalanan, anak yang tersandung hukum dan anak yang membutuhkan perhatian khusus.

“Masa depan bangsa ada pada anak. Sehingga, perhatian terhadap anak menjadi prioritas,” ujar Sugiono kepada Radar Kaltara, Jumat (13/7).

Dijelaskan, perhatian terhadap anak ini meliputi sosial, ekonomi, sosial budaya, psikologis, hukum maupun keamanan. Itu merupakan bentuk kepedulian terhadap anak. Di Kaltara sendiri, anak terlantar tidak ditemukan.

Sedangkan, anak yang mejadi korban seksual terjadi di beberapa daerah. “Anak mendapatkan pembinaan agar tidak menjadi korban pelecehan, diskriminasi dan penganiayaan,” jelasnya.

Selain itu, Dinsos Kaltara juga menangani anak yang berkebutuhan khusus. Dengan cara memberikan bantuan yang dibutuhkan yang bertujuan untuk membantu dan memudahkan anak. “Untuk anak disabilitas mendapatkan bantuan sesuai dengan kebutuhan. Contohnya, anak tuna rungu mendapatkan bantuan alat pendengaran,” ungkapnya.

Sehingga, melalui Dinsos Kaltara melakukan pembentukan unit pelayanan kesejahteraan sosial anak di kabupaten kota yang ada di Kaltara. Dengan begitu, pelaksanaan penanganannya dilaksanakan secara integratif dan terkoordinasi antara pemerintah dan masyarakat terkait permasalahan sosial.

“Konsentrasi pelaksanaan pelayanan sosial menjadi tanggung jawab bersama pemerintah dan masyarakat. Agar kesejahteraan anak tercapai dan tidak menjadi korban,” tegasnya. (akz/eza)

Kesejahteraan Anak Jadi Prioritas Dinsos