Struktur Organisasi

Struktur Organisasi Dinas Sosial Prov. Kaltara

Struktur Organisasi

Secara struktural Dinas Sosial Provinsi Kalimantan Utara, terdiri atas 1 (satu) Kepala Dinas, 1 (satu) Sekretariat, 2 (dua) Bidang dan membawahi 1 UPTD yaitu Panti Sosial Tresna Werdha (PSTW) Marga Rahayu.

  1. Dinas Sosial

Susunan Organisasi Dinas Sosial Provinsi Kalimantan Utara berdasarkan Peraturan Gubernur Provinsi Kalimantan Utara  No 21 Tahun 2016 tentang organisasi dan tata kerja Dinas Daerah Provinsi Kalimantan Utara, sebagai berikut :

  1. Kepala Dinas
  2. Sekretaris, membawahi :
  3. Sub Bagian Perencanaan dan Keuangan
  4. Sub Bagian Umum dan Kepegawaian
  5. Kepala Bidang Rehabilitasi Sosial dan Perlindungan Jaminan Sosial, membawahi:
  6. Seksi Rehabilitasi Sosial
  7. Seksi Perlindungan Jaminan Sosial
  8. Kepala Bidang Pemberdayaan Sosial dan Penanganan Fakir Miskin membawahi :
  9. Seksi Pemberdayaan Sosial
  10. Seksi Penanganan Fakir Miskin
  11. Unit Pelaksana Teknis
  12. Kelompok Jabatan Fungsional

 

Tabel 1.1.

Uraian Jabatan dan Tugas Pokok Dinas Sosial Provinsi Kalimantan Utara

JabatanTugas Pokok
Kepala Dinasa.    Merumuskan program kerja Dinas Sosial berdasarkan rencana kerja dinas agar dihasilkan dokumen program kerja yang tepat dan aplikatif.

b.    Mengkoordinasikan kegiatan Bidang Sekretariat, Bidang Rehabilitasi Sosial dan Perlindungan Jaminan Sosial, serta Bidang Pemberdayaan Sosial dan Penanganan Fakir Miskin sesuai dengan rencana kerja dinas agar kegiatan dapat berjalan dengan baik.

c.    Membina kinerja Bidang Sekretariat, Bidang Rehabilitasi Sosial dan Perlindungan Jaminan Sosial, serta Bidang Pemberdayaan Sosial dan Penanganan Fakir Miskin sesuai dengan tugas dan tanggung jawab yang diberikan agar proses pelaksanaan tugas dan fungsi berjalan dengan lancar.

d.    Mengarahkan kinerja Bidang Sekretariat, Bidang Rehabilitasi Sosial dan Perlindungan Jaminan Sosial, serta Bidang Pemberdayaan Sosial dan Penanganan Fakir Miskin sesuai dengan tugas dan tanggung jawab yang diberikan agar proses pelaksanaan tugas dan fungsi berjalan dengan lancar.

e.    Melaksanakan program kerja Bidang Sekretariat, Bidang- Rehabilitasi Sosial dan Perlindungan Jaminan Sosial, serta Bidang Pemberdayaan Sosial dan Penanganan Fakir Miskin berdasarkan rencana kerja dinas agar dihasilkan kinerja yang maksimal.

f.     Mengevaluasi program kerja Bidang Sekretariat, Bidang Rehabilitasi Sosial dan Perlindungan Jaminan Sosial, serta Bidang Pemberdayaan Sosial dan Penanganan Fakir Miskin.

g.    Melaporkan pelaksanaan program kerja Bidang Sekretariat, Bidang Rehabilitasi Sosial dan Perlindungan Jaminan Sosial, serta Bidang Pemberdayaan Sosial dan Penanganan Fakir Miskin.

h.    Melaksanakan tugas kedinasan lain yang diperintahkan pimpinan baik lisan maupun tertulis.

Sekretarisa.   Merencanakan operasional pelaksanaan kegiatan bidang Sekretariat sesuai dengan kebijakan Kepala Dinas agar pelaksanaan pekerjaan dapat berjalan dengan baik.

b.   Membagi tugas pada Subbag. Perencanaan, Subbag Umum, dan Subbag Keuangan sesuai dengan kewenangan masing-masing agar tugas terlaksana dengan baik.

c.    Memberi petunjuk pelaksanaan tugas Subbag. Perencanaan, Subbag Umum, dan Subbag Keuangan sesuai dengan kewenangan masing-masing agar tugas terlaksana dengan baik.

d.   Menyelia pelaksanaan kegiatan Subbag. Perencanaan, Subbag Umum, dan Subbag Keuangan sesuai dengan tugas masing-masing agar pelaksanaan pekerjaan dapat berjalan dengan baik.

e.    Melaksanakan Penyusunan Program dan Anggaran, Penyusunan Rencana Srategis (RENSTRA) dan Penyusunan Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan (LAKIP), Penyusunan Laporan Pernyelenggaraan Pembangunan Daerah (LPPD), baik teknis maupun operasional sesuai dengan peraturan yang berlaku.

f.     Melaksanakan Pelayanan Umum, Pelayanan Rumah Tangga dan Pelayanan Kepegawaian baik teknis maupun operasional sesuai dengan peraturan yang berlaku.

g.    Mengevaluasi hasil pelaksanaan kegiatan bidang sekretariat secara berkala agar pelaksanaan tugas dapat berjalan sesuai dengan peraturan yang berlaku.

h.   Membuat laporan pelaksanaan kegiatan bidang sekretariat.

i.     Melaksanakan tugas kedinasan lain yang diperintahkan pimpinan baik lisan maupun tertulis.

 

Kepala  Subbagian Perencanaan dan Keuangana.    Merencanakan kegiatan Subbag Perencanaan dan Keuangan sesuai dengan peraturan yang berlaku agar pelaksanaan pekerjaan dapat berjalan efektif dan efisien.

b.    Membagi tugas kepada bawahan agar operasional pelaksanaan tugas dapat berjalan dengan lancar dan sesuai dengan sasaran yang ditetapkan.

c.     Membimbing bawahan agar operasional pelaksanaan tugas dapat berjalan dengan baik dan sesuai dengan sasaran yang ditetapkan.

d.    Memeriksa hasil kinerja bawahan agar pelaksanaan tugas dapat berjalan dengan baik sesuai dengan sasaran yang ditetapkan.

e.     Melaksanakan kegiatan Pengolahan Data, Penyusunan Program dan Anggaran, Penyusunan Rencana Strategis (RENSTRA), Penyusunan Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (LAKIP), Penyusunan Laporan Pernyelenggaraan Pembangunan Daerah (LPPD), baik teknis maupun operasional berdasarkan rencana kerja yang telah ditetapkan.

f.      Melaksanakan Verifikasi Surat Permintaan Pembayaran (SPP) dan penerbitan Surat Perintah Membayar (SPM) baik teknis dan operasional sesuai dengan ketentuan dan peraturan yang berlaku.

g.     Melaksanakan kegiatan perbendaharaan dan penatausahaan keuangan meliputi : pembiayaan kegiatan, pembayaran gaji pegawai, pembukuan, penerimaan dan pengeluaran keuangan berdasarkan rencana kerja yang telah ditetapkan.

h.    Mengevaluasi hasil pelaksanaan kegiatan Subbag Perencanaan dan Keuangan berdasarkan perencanaan yang telah ditetapkan.

i.      Melaporkan hasil kegiatan Subbag Perencanaan dan Keuangan berdasarkan perencanaan yang telah ditetapkan.

j.      Melaksanakan tugas kedinasan lain yang diberikan atasan baik lisan maupun tertulis.

 

Kepala  Subbagian Umum dan Kepegawaian  a.   Merencanakan pelaksanaan kegiatan sub. bagian umum sesuai dengan peraturan yang berlaku agar pelaksanaan pekerjaan dapat berjalan efektif dan efisien.

b.   Membagi tugas kepada bawahan agar operasional pelaksanaan tugas dapat berjalan dengan baik dan sesuai dengan sasaran yang ditetapkan.

c.    Membimbing bawahan agar operasional pelaksanaan tugas dapat berjalan dengan baik dan sesuai dengan sasaran yang ditetapkan.

d.   Memeriksa hasil kinerja bawahan agar pelaksanaan tugas dapat berjalan dengan baik sesuai dengan sasaran yang ditetapkan.

e.    Melaksanakan kegiatan administrasi umum meliputi : Penatausahaan, Pendistribusian Surat Masuk, Naskah Dinas, Arsip, Dokumentasi, baik teknis maupun operasional berdasarkan rencana kerja yang telah ditetapkan.

f.     Melaksanakan Kebutuhan Pengadaan Barang, Pengelolaan dan Inventarisasi Barang Milik Negara, baik teknis dan operasional berdasarkan rencana kerja yang telah ditetapkan.

g.    Melaksanakan Pelayanaan Urusan Rumah Tangga meliputi : Pengelolaan Kebersihan, Ketertiban dan Keamanan Kantor baik teknis dan operasional berdasarkan rencana kerja yang telah ditetapkan.

h.   Melaksanakan Pelayananan Kepegawaian meliputi : Penyiapan dan Pengusulan Kenaikan Pangkat, Kenaikan Gaji Berkala (KGB), Pensiun Pegawai, Daftar Urut Kepangkatan (DUK), dll baik teknis dan operasional sesuai dengan peraturan yang berlaku.

i.     Mengevaluasi hasil kegiatan subbag. umum berdasarkan perencanaan yang telah ditetapkan.

j.     Melaporkan hasil pelaksanaan kegiatan subbag. umum berdasarkan perencanaan yang ditetapkan.

k.   Melaksanakan tugas kedinasan lain yang diberikan atasan baik lisan maupun tertulis.

 

Kepala Bidang Rehabilitas Sosial dan Perlindungan Jaminan Sosiala.   Merencanakan operasional pelaksanaan kegiatan Rehabilitasi Sosial dan Perlindungan Jaminan Sosial sesuai dengan kebijakan Kepala Dinas Sosial agar pelaksanaan pekerjaan dapat berjalan dengan baik.

b.   Membagi tugas kepada Kepala Seksi Rehabilitasi Sosial dan Kepala Seksi Perlindungan Jaminan Sosial sesuai dengan kewenangan masing-masing agar tugas terlaksana dengan baik.

c.   Memberi petunjuk pelaksanaan tugas Rehabilitasi Sosial dan Perlindungan Jaminan Sosial sesuai dengan kewenangan masing-masing agar tugas terlaksana dengan baik.

d.   Mengawasi pelaksanaan kegiatan Rehabilitasi Sosial dan Perlindungan Jaminan Sosial sesuai dengan Kebijakan Kepala Dinas agar pelaksanaan pekerjaan dapat berjalan dengan baik.

e.   Melaksanakan kegiatan Rehabilitasi Sosial anak, Rehabilitasi Sosial Penyandang Disabilitas, Rehabilitasi Sosial Tuna Sosial dan Korban Perdagangan Orang, Rehabilitasi Sosial Lanjut Usia baik teknis maupun operasional sesuai dengan peraturan yang berlaku.

f.    Melaksanakan Kegiatan Perlindungan Sosial Korban Bencana Alam, Perlindungan Sosial Korban Bencana Sosial dan Jaminan Sosial Keluarga baik teknis maupun operasional sesuai dengan peraturan yang berlaku.

g.   Melaksanakan Pelayanan Sosial Anak Balita serta Pengangkatan Anak antar Warga Negara Indonesia dan Pengangkatan Anak oleh orang tua tunggal baik teknis maupun operasional sesuai dengan peraturan yang berlaku.

h.  Melaksanakan Pelayanan Sosial Orang dengan HIV / AIDS (ODHA) dan Pelayanan Sosial Korban Penyalahgunaan NAPZA baik teknis maupun operasional sesuai dengan peraturan yang berlaku.

i.    Melaksanakan kegiatan Kesiapsiagaan dan Mitigasi, Penanganan Korban Bencana Alam, Pemulihan dan Penguatan Sosial serta Kemitraan & Pengelolaan Logistik Bencana baik teknis maupun operasional sesuai dengan peraturan yang berlaku.

j.    Melaksanakan Kegiatan Pencegahan, Penanganan Korban Bencana Sosial, Politik dan Ekonomi, serta Pemulihan Sosial dan Reintegrasi Sosial baik teknis maupun operasional sesuai dengan peraturan yang berlaku.

k.   Melaksanakan Seleksi, Verifikasi, Terminasi dan Kemitraan Jaminan Sosial Keluarga serta Penyaluran Bantuan dan Pendampingan Jaminan Sosial Keluarga baik teknis maupun operasional sesuai dengan peraturan yang berlaku.

l.    Mengevaluasi Pelaksanaan kegiatan Bidang Rehabilitasi Sosial dan Perlindungan Jaminan Sosial secara berkala agar pelaksanaan kegiatan dapat berjalan sesuai dengan peraturan yang berlaku.

m. Membuat laporan kegiatan Bidang Rehabilitasi Sosial dan Perlindungan Jaminan Sosial.

n.  Melaksanakan tugas kedinasan lain yang diberikan atasan baik lisan maupun tulisan.

 

Kepala Seksi Rehabilitasi Sosiala.   Merencanakan pelaksanaan kegiatan Seksi Rehabilitasi Sosial sesuai dengan peraturan yang berlaku agar dapat berjalan secara efektif dan efisien.

b.   Membagi tugas kepada bawahan agar operasional pelaksanaan tugas dapat berjalan dengan baik dan sesuai dengan sasaran yang ditetapkan.

c.   Membimbing bawahan agar operasional pelaksanaan tugas dapat berjalan dengan baik dan sesuai dengan sasaran yang ditetapkan.

d.   Memeriksa hasil kinerja bawahan agar pelaksanaan tugas dapat berjalan dengan baik dan sesuai dengan sasaran yang ditetapkan.

e.   Melaksanakan kegiatan Rehabilitasi Sosial Anak dan Lanjut Usia meliputi : Anak Terlantar, Anak berhadapan dengan Hukum, Anak yang memerlukan Perlindungan Khusus, Serta Rehabiliasi Sosial Lanjut Usia baik kerja teknis dan operasional berdasarkan rencana kerja yang telah ditetapkan.

f.    Melaksanakan kegiatan Rehabilitasi Sosial Penyandang Disabilitas Fisik dan Sensorik, Rehabilitasi Sosial Penyandang Disabilitas Mental dan Intelektual baik kerja teknis dan operasional berdasarkan rencana kerja yang  telah ditetapkan.

g.   Melaksanakan Kegiatan Rehabilitasi Tuna Sosial dan Korban Perdagangan Orang meliputi Rehabilitasi Gelandangan, Pengemis, Bekas Warga Binaan Lembaga Permasyarakatan, Korban Perdagangan Orang dan Tindak Kekerasan, eks Tuna Susila, kelompok Minoritas serta orang dengan HIV / AIDS, baik kerja teknis dan operasional berdasarkan rencana kerja yang telah ditetapkan.

h.  Melaksanakan Pelayanan Sosial Anak Balita serta Pengangkatan Anak antar Warga Negara Indonesia dan Pengangkatan Anak oleh orang tua tunggal baik teknis maupun operasional sesuai dengan peraturan yang berlaku.

i.    Melaksanakan Pelayanan Sosial HIV / AIDS (ODHA) dan Pelayanan Sosial Korban Penyalahgunaan NAPZA baik teknis maupun operasional sesuai dengan peraturan yang berlaku.

j.    Mengevaluasi hasil pelaksanaan kegiatan Rehabilitasi Sosial berdasarkan perencanaan yang telah ditetapkan

k.   Melaporkan hasil pelaksanaan kegiatan Rehabilitasi Sosial berdasarkan perencanaan yang telah ditetapkan.

l.    Melaksanakan tugas kedinasan lain yang diberikan atasan baik lisan maupun tulisan.

 

Kepala Seksi Perlindungan dan Jaminan Sosiala.      Merencanakan pelaksanaan kegiatan Seksi Perlindungan dan Jaminan Sosial sesuai dengan peraturan yang berlaku agar dapat berjalan secara efektif dan efisien.

b.      Membagi tugas kepada bawahan agar operasional pelaksanaan tugas dapat berjalan dengan baik dan sesuai dengan sasaran yang ditetapkan.

c.      Membimbing bawahan agar operasional pelaksanaan tugas dapat berjalan dengan baik dan sesuai dengan sasaran yang ditetapkan.

d.      Memeriksa hasil kinerja bawahan agar pelaksanaan tugas dapat berjalan dengan baik dan sesuai dengan sasaran yang ditetapkan.

e.      Melaksanakan kegiatan Kesiapsiagaan dan Mitigasi, Penanganan Korban Bencana Alam, Pemulihan dan Penguatan Sosial serta Kemitraan & Pengelolaan Logistik Bencana baik teknis maupun operasional berdasarkan rencana kerja yang telah ditetapkan.

f.       Melaksanakan Kegiatan Pencegahan, Penanganan Korban Bencana Sosial, Politik dan Ekonomi, serta Pemulihan Sosial dan Reintegrasi Sosial baik teknis maupun operasional berdasarkan rencana kerja yang telah ditetapkan.

g.      Melaksanakan Seleksi, Verifikasi, Terminasi dan Kemitraan Jaminan Sosial Keluarga serta Penyaluran Bantuan dan Pendampingan Jaminan Sosial Keluarga baik teknis maupun operasional berdasarkan rencana kerja yang telah ditetapkan.

h.      Mengevaluasi hasil pelaksanaan kegiatan Perlindungan dan Jaminan Sosial berdasarkan perencanaan yang telah ditetapkan.

i.       Melaporkan hasil pelaksanaan kegiatan Perlindungan dan Jaminan sosial berdasarkan perencanaan yang ditetapkan.

j.        Melaksanakan tugas kedinasan lain yang diberikan atasan baik lisan maupun tulisan.

 

Kepala Bidang Pemberdayaan Sosial dan Penanganan Fakir Miskina.   Menyusun rencana kerja bidang Pemberdayaan Sosial dan Penanganan Fakir Miskin sesuai dengan kebijakan Kepala Dinas agar pelaksanaan pekerjaan dapat berjalan dengan baik.

b.   Membagi tugas kepada Kepala Seksi Pemberdayaan Sosial dan Kepala Seksi Penanganan Fakir Miskin sesuai dengan kewenangan masing-masing agar tugas terlaksana dengan baik.

c.   Memberi petunjuk pelaksanaan tugas Seksi Pemberdayaan Sosial dan Seksi Penanganan Fakir Miskin sesuai dengan kewenangan masing-masing agar tugas terlaksana dengan baik.

d.   Mengawasi pelaksanaan kegiatan Seksi Pemberdayaan Sosial dan Seksi Penanganan Fakir Miskin sesuai dengan tugas masing-masing agar pelaksanaan pekerjaan dapat berjakan dengan baik.

e.   Melaksanakan kegiatan Pemberdayaan Sosial Perorangan, Pemberdayaan Sosial Keluarga, Pemberdayaan Sosial Kelembagaan Masyarakat, Pemberdayaan Sosial Komunitas Adat Terpencil (KAT), Pemberdayaan Sosial Kepahlawanan, Keperintisan, Kesetiakawanan dan Restorasi Sosial, serta Pengelolaan Sumber Dana Bantuan Sosial baik teknis maupun operasional sesuai dengan peraturan yang berlaku.

f.    Melaksanakan kegiatan Penanganan Fakir Miskin Perdesaan, Fakir Miskin Perkotaan, Fakir Miskin Pesisir, Pulau-Pulau Kecil dan Perbatasan Antar Negara baik teknis maupun operasional sesuai dengan peraturan yang berlaku.

g.   Mengevaluasi hasil pelaksanaan kegiatan bidang pemberdayaan sosial dan penanganan fakir miskin secara berkala agar pelaksanaan kegiatan dapat berjalan sesuai dengan peraturan yang berlaku.

h.  Membuat laporan kegiatan bidang pemberdayaan sosial dan penanganan fakir miskin.

i.    Melaksanakan tugas kedinasan lain yang diperintahkan pimpinan baik lisan maupun tertulis.

 

Kepala Seksi Pemberdayaan Sosiala.   Menyusun rencana kerja Seksi Pemberdayaan Sosial sesuai dengan peraturan yang berlaku agar pelaksanaan kegiatan dapat berjalan efektif dan efisien.

b.   Membagi tugas kepada bawahan agar operasional pelaksanaan tugas dapat berjalan dengan baik dan sesuai dengan sasaran yang ditetapkan.

c.    Membimbing bawahan agar operasional pelaksanaan tugas dapat berjalan dengan baik dan sesuai dengan sasaran yang ditetapkan.

d.   Memeriksa hasil kinerja bawahan agar pelaksanaan tugas dapat berjalan dengan baik dan sesuai dengan sasaran yang ditetapkan.

e.    Melaksanakan kegiatan Pemberdayaan Pekerja Sosial, Pekerja Sosial Masyarakat, Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK), Tenaga Kesejahteraan Sosial dan Relawan Sosial baik teknis maupun operasional sesuai dengan rencana kerja yang telah ditetapkan.

f.     Melaksanakan kegiatan Pemberdayaan Sosial Komunitas Adat Terpencil (KAT), Pemberdayaan Sosial pada CSR, serta Pemberdayaan Sosial Kepahlawanan, Kesetiakawanan dan Restorasi Sosial baik teknis maupun operasional sesuai dengan rencana kerja yang telah ditetapkan.

g.    Mengevaluasi hasil pelaksanaan kegiatan pemberdayaan sosial berdasarkan perencanaan yang telah ditetapkan

h.   Melaporkan hasil pelaksanaan kegiatan pemberdayaan sosial berdasarkan perencanaan yang telah ditetapkan.

i.     Melaksanakan tugas kedinasan lain yang diberikan atasan baik lisan maupun tertulis.

 

Kepala Seksi Penanganan Fakir Miskina.   Menyusun rencana kerja seksi penanganan fakir miskin sesuai dengan peraturan yang berlaku agar pelaksanaan kegiatan dapat berjalan secara efektif dan efisien.

b.   Membagi tugas kepada bawahan agar operasional pelaksanaan tugas dapat berjalan dengan baik dan sesuai dengan sasaran yang ditetapkan.

c.    Membimbing bawahan agar operasional pelaksanaan tugas dapat berjalan dengan baik dan sesuai dengan sasaran yang ditetapkan.

d.   Memeriksa hasil kinerja bawahan agar pelaksanaan tugas dapat berjalan dengan baik dan sesuai dengan sasaran yang ditetapkan.

e.    Melaksanakan kegiatan penanganan fakir miskin meliputi penanganan fakir miskin perdesaan, fakir miskin perkotaaan, fakir miskin pesisir, pulau-pulau kecil dan perbatasan antar negara, baik kerja teknis dan operasional berdasarkan rencana kerja yang telah ditetapkan.

f.     Mengevaluasi hasil pelaksanaan kegiatan penanganan fakir miskin berdasarkan perencanaan yang telah ditetapkan

g.    Melaporkan hasil pelaksanaan kegiatan penanganan fakir miskin berdasarkan perencanaan yang telah ditetapkan.

h.   Melaksanakan tugas kedinasan lain yang diberikan atasan baik lisan maupun tulisan.

 

 

Struktur Organisasi UPTD Panti Sosial Tresna Werdha Marga Rahayu Tanjung Selor

Panti Sosial Tresna Werdha (PSTW) Marga Rahayu

  • Tugas

UPT Panti Sosial Tresna Werdha Marga Rahayu mempunyai tugas melaksanakan sebagian kegiatan teknis operasional dan/atau kegiatan teknis penunjang Dinas di bidang pelayanan kesejahteraan sosial lanjut usia terlantar.

  • Fungsi

UPT Panti Sosial Tresna Werdha Marga Rahayu mempunyai fungsi :

  1. Penyusunan rencana teknis operasional pelayanan kesejahteraan sosial lanjut usia terlantar;
  2. Pelaksanaan kebijakan teknis operasional pelayanan kesejahteraan sosial lanjut usia terlantar;
  3. Pemantauan, evaluasi dan pelaporan pelayanan kesejahteraan sosial lanjut usia terlantar;
  4. Pengelolaan urusan ketatausahaan;
  5. Pembinaan kelompok jabatan fungsional

Susunan Organisasi PSTW Marga Rahayu terdiridari dari :

  1. Kepala
  2. Sub Bagian Tata Usaha
  3. Seksi pembinaan sumber daya manusia dan penyaluran
  4. Seksi Penyantun Dan Pelayanan
  5. Kelompok Jabatan Fungsional